Happy B'day Belinda!

Kayaknya ngomong pakai gue-loe lebih enak dibanding ngomong pakai aku-kamu, deh. Ya udah, mulai sekarang gue bakal nulis pakai gue-loe, deh. Hehehe…

Lima-enam bulan lalu, gue, Mariana, Yohana dan Michelle ngebuat suatu masalah (yang menurut gue) besar yang ngebuat Belinda harus berurusan dengan KepSek.

Ceritanya, suatu hari teman gue si Bill minta biodata gue dan anak-anak cewek lain. Enggak tahu deh maksud itu anak apa. Macem-macem lagi isian biodata yang harus diisi. Mulai dari lagu favorit, jenis kutu anjing yang disukai, sampai jenis lingerie favorit. Aneh-aneh aja!

Untuk isian tanggal ulang tahun, gue, Mariana, Yohana dan Belinda sengaja malsuin tanggal ulang tahun kita. Soalnya gini lho, anak-anak di sekolahku rada macem-macem. Tiap ada yang ulang tahun pasti deh dikerjain. Mulai dari dikucilkan selama sehari, trus pulangnya disiram dengan ramuan ajaib yang berisi tanah, Coca Cola, teh kotak dan kembang tujuh rupa, ada juga segelintir anak-anak yang suka repot-repot minta kerja sama seorang guru buat marah-marahin anak yang ulang tahun sampai nangis. Pokoknya nyeremin, deh!

Gue nulis tanggal ulang tahun gue di buku biodata punya Bill itu tanggal 32 Januari, trus Mariana nulis tanggal 30 Februari, lalu Yohana nulis tanggal ulang tahunnya 400 Desember.

Kalo gue enggak salah hari itu tanggal 28 Maret. Nah, Belinda salahnya, dia nulis tanggal ulang tahunnya itu tanggal 29 Maret. Michelle yang enggak tahu kalo Belinda malsuin tanggal ulang tahunnya, percaya-percaya aja Belinda ulang tahun tanggal 29 Maret dan dengan semangat teriak-teriak ke anak-anak yang lain kalo besok Belinda ulang tahun.

Gue, Mariana dan Yohana asyik ketawa-ketiwi aja. Enggak peduli kalo Belinda lagi di ambang bahaya. Sedangkan Belinda? Sama aja gobloknya dengan kita bertiga. Itu anak enggak mengkonfirmasi (aih… bahasanya!) tanggal ulang tahunnya yang sebenarnya.
Besok paginya waktu gue masuk kelas, tiba-tiba gue lihat Belinda udah dimarah-marahi Novelisa dan Debora CS. Trus Mariana dan Yohana juga ikut-ikutan ngusir Belinda. Kata mereka, Belinda dilarang dekat-dekat kita lagi.

Lha? Gue bingung. Perasaan Belinda enggak ngebuat kesalahan apa-apa deh. Yap, Belinda terkenal pendiam banget di kelas, sekaligus makhluk hidup yang paling baik (serius!) di kelas gue.

Kalo gue disuruh piket padahal bukan gue yang piket hari itu, gue bakal mulai ngajuin perang sama orang yang nyuruh gue piket itu. Tapi kalo Belinda, tiap hari disuruh piket juga dia mau-mau aja. Kalo gue mulai digangguin sama anak-anak cowok dengan cara dilempar-lempari botol Aqua kosong, gue bakal nyumpahin pantat itu anak-anak cowok bisulan sampai mereka berhasil ngelahirin biawak berwajah mirip Blacky. Tapi kalo Belinda, dilempari gentong air juga itu anak hanya senyum-senyum sambil bilang gini, “Aduh… kalian jangan gitu dong.” dengan nada yang amat sangat manis.

“Woi, Belinda kalian apain, tuh?” tanya gue sambil bisik-bisik sama Mariana setelah Belinda pergi menjauh gara-gara disuruh Novelisa nyapu kelas sambil nari striptease.

“Jadi gini, Novelisa dan anak-anak yang lain percaya kalo hari ini Belinda ulang tahun gara-gara kemarin Michelle teriak-teriak enggak jelas kalo hari ini Belinda ulang tahun. Jadi kita diminta Novelisa dan kawan-kawannya buat ikutan marah-marahin Belinda. Ya udah, lumayan deh sekali-sekali ngerjain Belinda.” cerita Mariana sambil ketawa-ketiwi.

“Tega, yah? Trus Belinda nyadar enggak sih kalo dia dikerjain?” tanya gue.

“Ya enggak. Tapi sebentar lagi paling itu anak nyadar, kok.” kata Mariana enteng.

Enggak lama kemudian Michelle datang trus makin memperparah keadaan. Dia mulai ngusulin ke Novelisa dan kawan-kawannya yang terkenal paling sibuk dalam hal ngerjain anak-anak yang ulang tahun itu buat minta seorang guru buat marah-marahin Belinda. Novelisa dan kawan-kawannya setuju. Trus Michelle juga minta supaya aku ajak Belinda ke WC, trus Michelle bakal masukin uang jajannya ke tasnya Belinda, dan setelah itu Michelle bakal jejeritan kalo uangnya hilang.

Sebenarnya gue rada enggak enak juga sama Belinda. Belinda enggak salah apa-apa kok tiba-tiba mau dikerjai gitu. Tapi ya sudah lah. Gue turuti aja apa maunya anak-anak yang lain. Nanti kalo Belinda mau marah-marah juga bukan hanya gue yang bakal dicakar itu anak.

Balik ke kelas, ternyata Bu Ludia guru Agama gue udah datang. Gue dan Belinda buru-buru balik ke bangku kita.

“Gimana?” tanya gue pada Yohana yang duduk persis di samping gue.

“Gimana, yah? Gue punya firasat buruk.” jawab Yohana. “Michelle udah masukin uangnya ke dalam tasnya Belinda, padahal udah gue dan Mariana larang. Novelisa dan teman-temannya juga udah minta Bu Ludia buat ngerjain Belinda.” tambah Yohana.

Gue merinding. Gue ngeri. Gue tahu, gue bakal kena masalah.

“Ya, Michelle kehilangan uangnya. Sekarang Ibu minta Belinda bawa tasnya ke depan.” perintah Bu Ludia.

Gue merinding, sedangkan Belinda yang enggak tahu apa-apa nurut aja ngebawa tasnya ke depan kelas.

Bu Ludia masih asyik merogoh tas Belinda. Gue, Mariana dan Yohana makin gemetaran di tempat duduk kita.

“Kenapa loe?” tanya Michelle.

“Chel, hari ini Belinda enggak ulang tahun…” jawab gue lemah.

“HWAT??!!” Michelle spontan jejeritan, trus buru-buru nutup mulutnya.

Tiba-tiba Bu Ludia ngangkat tangannya yang berisi uang yang tadi Michelle sengaja masukin ke dalam tasnya Belinda. Gue enggak ngedengarin kata-kata Bu Ludia selanjutnya akibat pengaruh infeksi yang menyerang otak gue. Yang berhasil gue tangkap, Belinda disuruh Bu Ludia buat menghadap ke KepSek yang gue yakini pasti bersekongkol juga dengan teman-teman gue sebangsanya Novelisa CS buat ngerjain Belinda.

“Gimana, nih?” desis gue takut.

“Gimana ceritanya? Kalian bilang-tapi Belinda nulis di bukunya Bill-… Jadi bukan hari ini?” tanya Michelle.

Gue ngurut kepala gue, berusaha nyari solusi ngebebasin Belinda dari cengkeraman Bu Ludia yang terkenal kejam kalo ngerjain anak yang ulang tahun. Gimana kalo Belinda ngejelasin sama Bu Ludia atau (parahnya) KepSek kalo gue, Mariana dan Yohana yang ngebohongin anak-anak kalo hari ini Belinda ulang tahun? Mampus! TIDAK!!!

“Tapi Belinda juga kan salah.” kata Mariana. Yap, gue, Mariana, Yohana, Belinda dan Michelle duduknya satu baris. Jadi kalo kita pada mau contek-contekan, gampang banget!

“Salah? Kita kali yang salah!” balas gue.

“Tapi kalo Belinda mau malsuin tanggal ulang tahunnya, kenapa enggak kayak kamu, Pres? Nulisnya tanggal 32 Januari. Tanggal 32 Januari kan enggak ada dan enggak akan pernah ada. Kenapa dia malah nulis tanggal hari ini?” terang Mariana.

Gue nganggung-ngangguk sambil terus mikir. Tiba-tiba gue mikir, gue bisa nunjukin bukti kalo gue dan sobat-sobat gue enggak salah. Belinda yang salah. Gue bakal nunjukin buku biodata Bill yang ada biodata yang berisi tanggal ulang tahun palsunya Belinda. Dan tiba-tiba gue ngerasa enggak setia kawan. Masak sih gue tega ngebiarin Belinda kesulitan sendirian? Walau gue rada sadis sama orang yang berani ngegangguin gue dengan cara ngelemparin sandal jepit ke pantat orang tersebut, tapi gue enggak tegaan banget sama Belinda yang selama gue kenal sama dia, Belinda enggak pernah sekali pun ngecewain gue.

Di samping gue, Mariana, Yohana dan Michelle asyik mijitin kepala mereka.


Tapi kalo dipikir-pikir lagi, yang pertama harus gue lakuin itu nyadarin Bu Ludia dengan cara yang ngebuat kedudukan gue dan tiga sobat kriminal gue se-innocent mungkin. Iya, gue harus ngasih tahu Bu Ludia kalo Belinda hari ini enggak ulang tahun tanpa ngebahayain posisi gue dan sobat-sobat gue. Hadow… masalah tanggal ulang tahun aja kok bisa sampai serumit ini, yah?
Gue baru mau beranjak dari tempat duduk gue buat ngasih tahu Bu Ludia yang sebenarnya ketika Belinda tiba-tiba muncul lagi di ambang pintu kelas gue. Bu Ludia langsung buru-buru nyuruh gue dan seluruh teman-teman sekelas gue berdiri trus nyanyiin lagu Happy Birthday. Sedangkan Belinda? Cengo dengan mulut mangap di depan kelas.

Setelah sesi doa selesai, Belinda diperbolehkan duduk kembali di tempat duduknya.

“Sebenarnya kenapa, sih?” tanya Belinda bingung sambil nyerahin sebuah surat dari KepSek yang katanya harus Belinda serahin ke orang tua Belinda.

“Maaf, Bel.” kata Yohana lirih.

“Kita benar-benar enggak nyangka kalo berita tentang tanggal hari ulang tahun loe yang palsu itu bisa kesebar luas. Dan Novelisa CS… minta Bu Ludia ngerjain loe. Maaf…” jelas Mariana dengan tampang memelas.

“Hadow! Gue kira gue benar-benar bakalan dikeluarin dari sekolah.” kata Belinda sambil nepuk jidatnya yang rada nongnong 1 km.

“Loe diancam dikeluarin dari sekolah?” tanya gue sambil nyobek bagian atas amplop putih tadi, trus ngeluarin kertas di dalamnya dan ngebaca isi tulisan dalam kertas tersebut, “Selamat ulang tahun, Belinda. Semoga panjang umur dan tambah taat pada Tuhan. KepSek SMPK Kalam Kudus dan seluruh keluarga besar SMPK Kalam Kudus.”

Gue, Mariana, Yohana, Michelle dan Belinda saling pandang dengan tatapan mesra penuh napsu buat saling ngebunuh satu sama lain.
***

Komentar

Postingan Populer