Seandainya...

Perasaan ngafalin pelajaran Geografi tentang menginterpretasi peta itu repot banget, sih? Hyah… kepala gue botak! Daripada otak gue juga ikutan botak (emangnya bisa, gitu?), mending gue nulis” aja deh. He5…

Gue lagi nggak ada bahan yang buat ditulis, nih. Em,. nulis apa, yah? Eh iya, akhir” ini gue sering berandai” tentang beberapa hal seperti ini,

Seandainya orang yang udah setengah idup-setengah mati kamu cintai, ternyata disukai juga oleh sahabat TERBAIKMU! Gimana? Pas gue ditanyain hal seperti itu sama seorang sahabat gue, perasaan gue tiba” jadi sakit. Gue nggak habis pikir kalo hal itu benar” terjadi. Pas sahabat gue itu nanya apa yang akan gue lakukan, gue hanya bisa jawab gini, “Ya gue sih nggak apa-apa. Hak loe kan mencintai X. Gue nggak berhak ngelarang-larang loe mau suka siapa. Lagian, X kan bukan siapa-siapa gue. Ha5… *ketawa miris*”. Tapi kalo hal itu benar” terjadi, apa gue benar” bisa tegar, apalagi SEANDAINYA sahabat gue itu jadian sama X? NO!!!

Hal yang gue pikirin itu sering menjadi ide di novel” remaja jaman sekarang, deh. Iya, gue sempat baca beberapa novel yang idenya sama, tentang dua orang sahabat, yang dua”nya suka cowok yang sama, trus blab la bla… bli bli bli… blu blu blu… ya gitu deh! Trus tengah”nya pasti dua orang sahabat itu musuhan. Gue nggak mau musuhan sama sahabat gue seperti novel” itu.

Menurut loe gimana? Andaikan hal itu terjadi, apa yang akan loe lakukan? Apa loe akan merelakan cowok/cewek yang udah loe cintai setengah mati itu jadian dengan sahabat loe, atau loe bakal musuhin dan merencakan berbagai cara buat ngebunuh sahabat loe? Atau dua”nya? Loe ngerelain cowok/cewek yang loe cintai itu, trus ngebunuh sahabat loe? Ye… itu sih bukan ngerelain dong artinya! He5…

Eh iya, gue juga kepikiran satu pertanyaan, yang hampir di tiap ibadah pasti disinggung” sama pembawa firman di ibadah itu; Jika hari ini loe mati, apa loe yakin loe bakal masuk surga?

Pertanyaan yang simpel, tapi sebenarnya rumit *Lho?*. Iya, simpel karena hanya membutuhkan jawaban “Iya” ato “Tidak”. Tapi rumit karena… ya gimana, yah? Untuk menjawab Iya atau Tidak itu kita mau nggak mau harus mikir serius. Gue sendiri masih bingung, ngejawab Iya ato Tidak.

Gue punya teman pas kelas VIII, Bary. Dia itu anggota kelompok Bahasa Inggris gue, gue tutornya dia. Itu anak setahu gue sehari” di sekolah ceria, ketawa-ketiwi sampai keselek biji nangka, jingkrak”, pokoknya gitu lah. Tapi gue benar” nggak nyangka. Gue ingat betul, hari itu hari Minggu. Pas ibadah (Tiap hari Minggu ada ibadah di aula sekolah gue), Pak Budiman guru gue ngasih pengumuman kalo Bary sedang berada di rumah sakit karena terserang demam berdarah. Kasihan banget.

Besoknya, hari Senin, gue di-SMS-in sama teman” dan guru” gue. Yang paling pertama SMS gue itu Ma’am Agustin. Ma’am ngasih tahu kalo Bary udah meninggal. Ya ampun… gue yang masih asyik ‘ngulet’ di ranjang gue tiba” nggak ngerasa ngantuk lagi. Gila, gue kaget banget! Seminggu ato beberapa minggu sebelum Bary meninggal, Bary masih merupakan anggota kelompok Bahasa Inggris gue. Gue benar” nggak nyangka, Bary meninggal.

Yep, hidup manusia benar” nggak bisa diterka. Seseorang yang kemarin masih bersama” dengan kita, ketawa” bersama kita, tiba” hari ini meninggal. Seperti kakek gue. Seminggu sebelum dia meninggal, mama baru… aja balik dari Bandung, habis nengokin kakek gue. Pas hari Minggu (juga), gue pagi” ngangkat telepon dari nenek gue. Pas nenek gue ngasih tahu ke mama kalo kakek meninggal, mama langsung nangis. Nggak nyangka.

Nah, sekarang seandainya saja loe yang hari ini bakal meninggal. Gimana? Apa loe yakin bakal masuk surga? Apa loe yakin loe udah melakukan apa yang Tuhan ingin loe lakukan di dunia ini? Apa loe yakin loe udah ngasih kenangan” yang indah kepada orang” yang bakal loe tinggalin?

Kalo gue, gue nggak tahu.

Komentar

Postingan Populer