Pengalaman MOS Pertama Gue

Pas lulus SD sekitar 3 tahun yang lalu, rasanya gue senang banget. Rasanya nggak percaya gitu, kalo murid semodel gue bisa lulus SD tepat waktu (lebih cepat setahun malah). Gue benar-benar bahagia pas dinyatain lulus, sekaligus ngeri…
Kenapa gue merasa ngeri? Apakah gue baru ngelihat penampakan nenek-nenek pakai bikini malam-malam? Nggak, gue ngeri pas ngebayangin MOS pertama gue. Pas ingat kalo gue sudah lulus SD, berarti gue harus ngelanjutin pendidikan gue ke jenjang SMP, dan itu berarti gue harus mengikuti MOS alias Makan Oseng-Oseng plus Siomay *OK, nggak nyambung, tapi plis, ketawa dong…!!!*. Gue sering dengar tentang kisah-kisah pas MOS, dan kebanyakan tentang para senior yang nyiksa juniornya, misalnya dipukulin. Serem abis deh. Gue sempat kepikiran buat bilang gini ke papa mama gue, “Pa, Ma, Presy nggak usah masuk SMP, ya. Biar deh, Presy di rumah ngurusin si Blacky,” tapi gue nggak berani ngomong gitu. Gue belum bosan hidup.
Eh, tapi saat gue mengikuti MOS dan ngerasain sendiri, ternyata MOS nggak segitu seramnya kok. OK, rada ngeselin juga sih, soalnya gue sempat dibentak guru di depan umum gara-gara nggak mau ngisap compeng bayi. Tapi secara keseluruhan, MOS nggak segitu buruknya kok.
Tapi malapetaka yang gue takutin akhirnya gue alamin juga. Jadi kan ceritanya selama MOS gue dan anak-anak peserta MOS yang lain harus ngumpulin tanda-tangan para pengurus OSIS, tanda-tangan guru-guru TK, SD, SMP, dan SMA (dan belakangan gue tahu bahwa nggak ada gunanya ngumpulin tanda-tangan begituan. Percuma, nggak diperiksa juga). Ngumpulin tanda-tangan para kakak kelas gue yang pengurus OSIS sih nggak segitu susah, walaupun gue sempat beberapa kali dikerjain. Ngumpulin tanda-tangan guru TK, SD, dan SMP juga nggak segitu sulit, soalnya gue kenal baik guru-guru TK, SD, SMP Kalam Kudus ini. Tapi yang susah tuh ngumpulin tanda-tangan guru-guru SMA, soalnya gue nggak kenal baik dengan mereka dan gue juga serem kenal sama mereka, soalnya tampang serem-serem, ha5…
Pas selesai MOS hari pertama, gue, Lia, dan Utary berinisiatif buat ngumpulin tanda-tangan guru-guru SMA (soalnya anak-anak SMA waktu itu masuk siang, jadi guru-gurunya juga datangnya siang). Kita bertiga nekat gitu masuk ke kelas SMA pas jam pelajaran lagi berlangsung, masih dengan PERALATAN MOS! Bisa dibayangin sodara-sodara, kita masuk ke kelas SMA dengan penampilan mirip alien nyasar.
Belum habis penderitaan kita, tiap guru yang kita mintain tanda-tangan selalu ngerjain kita dulu, baru ngasih tanda-tangan mereka. Gue paling inget pas disuruh nyanyi lagi Teman Tapi Mesra nya Ratu, pakai gaya, di depan anak-anak SMA! Hua… malu banget!
Sekarang gue udah kelas 3, kekhawatiran gue terulang lagi; Bagaimanakah kejamnya MOS pas gue masuk SMA nanti?
Loe punya pengalaman MOS yang ‘membekas’ banget, nggak? Cerita-cerita ya…

Komentar

Postingan Populer