Sebuah Pelajaran Di Akhir

3 Hal ‘nggak banget’ yang sempat terpikirkan setahun ini..

1.Mikir kalau pilihanku lanjut SMA di Malang tuh kesalahan terbesar yang pernah aku lakuin. Kalau ke Malang, aku harus mulai semuanya dari awal. Adaptasi dengan budaya dan bahasa yang baru, adaptasi dengan suasana sekolah yang benar-benar beda. Hidupku bakal berubah. Setelah aku pikir, memang hidupku berubah. Ga ada lagi hari2 santai buat main2 trus ga belajar, buat baca komik trus2an, buat nonton TV. Sekarang aku belajar, waktu itu berharga, ga Cuma buat baca komik atau nonton TV mlulu. Lima menit tuh berharga banget buat ngafalin jenis-jenis pengendalian sosial dan apa itu anomie dan kawan-kawannya..

2.Di semester satu.. Mikir kalau semester dua mau balik ke Papua. Nyerah. Ga bakal bisa bertahan di sini. Ga bisa naik kelas. Setelah aku pikir, “Ya ampun Pres.. kamu tuh gimana sih? Jauh2 dari Papua ke Jawa, masa mau balik lagi ke Papua? Kamu pikir usaha papa-mama sekolahin kamu ke sini tuh ga pakai keringat dan air mata? Ga pakai acara banting tulang buat dapatin biaya yang nggak sedikit? Demi kamu gitu.. Nggak tahu diri banget!”

3.Mikir kalau aku ga akan pernah ketemu dengan teman-teman yang sama seperti teman-teman di Papua. IX C, TripTom.. Iya, memang aku ga bakal ketemu dengan teman-teman yang sama seperti mereka. Tapi aku ketemu dengan teman-teman baru, yang ga sama, tapi ga kalah berharga seperti mereka. Anak-anak kamar satu Dorm’s girls, XE, tq.. >.<

Kadang qta mikir, hidup kita sekarang tuh udah sempurna. Nyaman. Kita ga mau ninggalin zona nyaman kita. Udah punya teman2 akrab, hidup dekat dengan ortu yang mau manjain qta..

Tapi tahu nggak sih? Hidup seperti itu sama aja kaya hidup ala robot. Semua yang mau dilakuin udah terprogram. Ga seru dong. Terkadang qta juga perlu hal-hal mengejutkan yang tiba-tiba ‘menabrak’ kehidupan qta. Hal-hal yang ngebuat kita awalnya ngerasa sakit, tapi akhirnya ngebuat kita tersenyum dan ngebuat kita ngomong, “Aku belajar sesuatu..”

Hidup kan proses belajar, ya nggak? Jangan takut, ketika kamu harus menghadapi sesuatu yang ngebuat kamu harus ‘keluar’ dari hidup kamu selama ini. Ingat deh, saat kamu sudah ngelaluin semuanya, coba tengok ke ‘belakang’, dan kamu akan tersenyum..

Komentar

Yonathan mengatakan…
Kereennn!!! Hahaha.. :)

Innovation 4 your life..
Memang qta harus hidup dengan cara pandang yang berbeda.
BTW, seneng to punya temen kyk aku... hahaha... Just Kidding..XD

Kamu kelas 2 nyoba masuk OSIS sie 5 aja...^^ hhehe..

Postingan Populer