Tips Negbolang ke Malang dengan budget minimal


             
            Halo pembaca WSG, ini pertama kalinya aku nulis artikel tentang travelling yang benar-benar travelling *memang biasanya apa, ya? x_x* . Seperti yang sudah kalian tahu lewat tulisan-tulisanku sebelumnya, aku sempat tinggal di kota Malang selama beberapa tahun ketika menempuh pendidikan SMA, dan jatuh cinta sama kota ini. Bahkan setelah lulus dari SMAK Kolese Santo Yusup Malang dan melanjutkan pendidikan setara S1 dalam Program Pendidikan Akuntansi BCA di Jakarta pun, aku beberapa kali menyempatkan diri ‘pulang’ ke Malang. Kenapa ada tanda kutip pada kata ‘pulang’ tadi? Karena… beberapa teman nggak sependapat ketika aku bilang aku pulang ke Malang. Rumah di alamat KTP-ku (dulu) ada di Jayapura. Papa-Mama dan adikku yang paling kecil juga ada di Jayapura. Dan kalau pun ke Malang, ujung-ujungnya aku jadi anak kos, tinggal di kos, kemana-mana sendiri. Nah, kata mereka, itu bukan pulang. Tapi bagiku, pulang itu kembali ke suatu tempat yang membuat kamu ngerasa nyaman seperti di rumah.
            OK.. OK… Aku kebanyakan bacot, ya? Jadi… setelah beberapa kali pulang ke Malang, aku mau nulis beberapa tips buat teman-teman pembaca yang tertarik liburan murah tapi nggak murahan ke Malang.

Transportasi
            Banyak alternatif transportasi buat ke Malang. Pesawat, bus pariwisata, atau kereta, bahkan bisa lho naik angkot dan naik bus antar kota. Kalo mau naik pesawat, aku saranin cari tiket pesawat menuju Surabaya. Kenapa? Karena misalnya nih aku dari Jakarta, harga tiket Jakarta-Surabaya dan Jakarta-Malang, itu bisa beda 100-300ribu rupiah lebih murah ke Surabaya. Nah, dari Surabaya, kamu bisa ke Malang dengan menggunakan mobil travel. Tarifnya 40ribu-80ribu. Banyak banget kok pilihan perusahaan travel yang menyediakan layanan transport dari Bandara Juanda ke Malang. Tinggal googling aja. Travel yang aku rekomendasikan namanya Travel Kirana, tarifnya 80rbu, dan si bapak sopirnya cukup ramah (beberapa kali aku naik travel dari perusahaan lain dan sukses dibikin BT poool. Ya, keramahan tu salah satu pertimbangan utamaku sih), trus kan itu pakai mobil Innova, satu mobil maksimal isinya 4 penumpang plus barang-barang koper bawaan penumpang. Jadi nggak sesak, lah.. Sudah gitu cukup ontime juga jam jemputnya. Perjalanan dari Surabaya-Malang sendiri bisa memakan waktu 2-3 jam. Nah, selain itu, kenapa aku rekomendasiin ke Surabaya dulu? Soalnya kalo tujuan Jakarta-Surabaya tu sering ada promo tiket pesawat, lebih sering dibanding Jakarta-Malang. Harga tiket pesawat sih bervariasi banget, tergantung pintar cari tiket promo apa nggak. Aku pernah dapat tiket pesawat ke Surabaya dari Jakarta dengan harga Rp 300.000, pernah juga dapat yang Rp 600.000, dan pernah liat promo Rp 59.000 tapi nggak bisa beli gara-gara lagi nggak libur kuliah.
            Kalo naik kereta, lama perjalanan dari Jakarta-Malang sekitar 15 jam. Harga tiketnya beragam, tergantung kelasnya. Ada kelas Ekonomi, Ekonomi AC, Bisnis, dan Eksekutif. Untuk kelas Ekonomi AC, harga tiketnya 65.000, sedangkan untuk kelas Eksekutif, bulan lalu aku aku dapat tiket seharga 300.000. Yaa, ada harga, ada kenyamanan juga, sih. Tapi dengan catatan, harga 300.000 itu harga tiket menjelang lebaran lho, jadi kalau teman-teman berencana liburan ke Malang nggak pas high season, mungkin bisa dapat yang lebih murah dari yang aku beli dulu.
            Untuk alternatif transport yang lain, aku juga pernah naik bus antar kota, tapi itu sudah sekitar empat tahun yang lalu, jadi aku pikir agak nggak relevan lah ya kalo aku tulis sekarang? Hehe… Pokoknya, rajin-rajin aja googling buat dapat tiket promo, atau follow twitter-nya Citilink yang suka ngasih info promo tiket pesawat.

Penginapan
            Malang terkenal sebagai kota pelajar. Karena itu, banyak banget usaha kos-kosan menjamur di kota ini. Naaah, daripada bayar hotel untuk sekedar numpang tidur, biasanya aku memilih kos sebagai tempat nginap. Banyak banget yang nawarin kos harian, dan fasilitasnya pun cukup nyaman. Maklum, cost of living di kota ini memang lebih rendah dibanding di Jakarta, makanya apa-apa lebih murah dibanding di Jakarta.
            Yang perlu teman-teman jadiin pertimbangan sebelum milih kos, dekat nggak sih dengan rute angkot? Kenapa angkot? Soalnya di Malang nggak ada busway sodara-sodara, jadi pilihan transport kalo mau jalan-jalan itu: angkot, becak, atau taksi (dengan tarif minimum Rp 30.000), atau… jalan kaki.
            Daerah yang aku jadiin rekomendasi buat cari tempat kos tuh di daerah Simpang Borobudur. Di sini dekat SMAK Kolese Santo Yusup alias Hua Ind, sehingga banyaaak banget usaha kos-kosan. Nah, kalo dari sini, mau ke daerah Soekarno-Hatta tuh dekat. Di Daerah Soekarno-Hatta atau yang biasa disingkat Suhat atau Soetta, itu surganya tempat-tempat makan dengan harga mahasiswa. Soalnya deket daerah Universitas Brawijaya juga. Di daerah Simpang Borobudur juga banyak banget tempat makan dengan harga anak kosan. Maklum, siswa-siswi Hua Ind tuh hampir separuhnya perantauan, berasal dari luar Malang, makanya ya… harga makanannya harga anak kos lah..
            Tarif kos harian mulai dari Rp 30.000. Biasanya aku nginap di kos di Simpang Borobudur 46, dengan tarif 30.000 per hari, aku dapat kamar kos yang nyaman dengan kasur spring bed, meja belajar, lemari, kamar mandi luar. O ya, nggak usah deh cari tempat kos yang nawarin kipas angin atau AC. Nggak bakal kepakai juga karena udara di Malang adem banget.
            Tapi bulan lalu, kamar kos di Simpang Borobudur 46 itu sudah keisi semua, makanya aku googling tempat kos lain. Nah, aku nemu tempat kos di Jln. Sigura-gura, nggak jauh dari Matos (Malang Town Square). Tarifnya Rp 60.000 per hari, dapet kasur spring bed, TV, free wi-fi, dan kamar mandi sendiri. Sejujurnya aku belum pernah ke daerah ini, jadi begitu aku sampai di kota Malang, aku minta diantar sama sopir taksi dengan berbekal alamat yang dikasih sama pemilik kos. Nggak begitu sulit dicari kok ternyata.
            O iya… di sekitar sana juga banyak banget penjual makanan, nggak usah takut kelabakan cari makan. Nasi bebek di jln. Sigura-gura tuh wajib dicobain! Enaaak banget! :9

Pakaian yang dibawa?
            Aku saranin teman-teman bawa pakaian yang nggak gampang lecek karena kebanyakan laundry di kota ini, minimal nyuci mesti 5Kg. Kenapa? Soalnya kebanyakan yang laundry kan anak kos, mahasiswa, gitu-gitu. Agak sayang kalo nyucinya dikit-dikit. Jadi bawa pakaian yang nggak gampang lecek biar bisa dipake lebih dari sekali lah.. Hoho… atau bawa rinso sachet-an yang harganya Rp 500 di warung, trus habis dicuci baju bisa dikibas-kibas dan taraaa… bisa dipakai! Haha!

Dare to ask a stranger
            Belajar dari pengalamanku yang ini, beranilah nanya sama orang asing, tentunya dengan cara yang sopan. Bukannya jadi nggak hati-hati dan ngebiarin jadi objek kejahatan orang nggak dikenal, tapi, berani bertanya itu baik lho. Karena kalo teman-teman ngandalin naik taksi kemana-mana buat mengeksplor kota ini, tarif minimalnya Rp 30.000 lho, kenapa nggak coba naik angkot yang Rp 3.500 dengan googling rute angkot atau nanya ke pedestrian gitu? Atau nggak, sebenarnya teman-teman mau jalan kaki menuju tempat tertentu juga nggak apa-apa. Soalnya beberapa kawasan tu daerahnya adem… gitu. Ramah lah, buat pejalan kaki.


            Kota Malang selalu ninggalin kesan buat aku, biar pun biasanya aku cuma menghabiskan beberapa hari liburan di kota ini. Awalnya aku takut lho kemana-mana di kota ini. Kenapa? Soalnya aku ini cewek, dan wajahku Cina banget lagi. Tau lah Indonesia gimana terhadap keturunan Tionghoa. Tapi di kota ini, kerukunan agama dan hormat antar suku tu benar-benar kerasa banget, yang bikin aku merasa kota ini adalah ‘rumah’ buatku. 

Komentar

Postingan Populer