Makanan Terenak Sedunia





  
*tulisan ini kutulis sekitar satu tahun yang lalu dan belum sempat kuposting karena terlupakan sampai aku temukan lagi malam ini, haha.. :D

Dari kemarin adikku ribut pengen diajak makan sushi. Akhirnya, setelah tadi siang ribet ngurus surat perjanjian beasiswa PPA BCA trus ke sekolah buat minta bukti tagihan ini-itu, aku pulang ke kos trus ngajak Keke ke Matos buat makan di Hachi-Hachi.

Tapi gara-gara sejak pagi tegang melulu mikirin bisa datang tepat waktu atau ga gara-gara mesti bikin rekening BCA pagi-pagi jam 8 sebagai syarat nerima beasiswa sedangkan aku janjian tanda tangan surat perjanjian jam 10, belum lagi pas datang aku kaget, kok kayaknya aku saltum ya? Aku masih pakai celana panjang jeans, sedangkan temanku yang lain pakai celana bahan. Ntar dikira sok mentang-mentang sudah lolos interview lah. Nah, tambah lagi aku baru dikasih tau kalo hari itu mesti bawa akta kelahiran. Panik. Nggak sempat balik lagi ke kos. Finally, karena ngerasa ‘nggak-banget’ hari itu, panik di kepalaku jadi numpuk di perut. Aku kelaperan sekali pas nyampai kos.

Sampai di kos, aku nyuruh Keke mandi cepat-cepat biar bisa ke matos cari makan. Eh, tuh anak mandi lama… banget. Nggak tahan, aku goreng ikan beku yang dititipin mama buatku sama si Keke. Ikan yang sudah mama bumbui dan rebus, trus aku taruh di freezer. Aku makan dengan kalap.

Keke baru selesai mandi beberapa saat kemudian. Untung perutku sudah kenyang. Habis itu kami langsung ke Matos, muter-muter bentar, trus ke Hachi-Hachi.

Karena ngiler liat Keke buka-buka buku menu, aku ikutan mesan beberapa nigiri sushi sama iced tea. Udah kebayang enaknya makan sushi. Pas sushi-nya datang, semangat banget aku ngambil satu Iidako, nambahin soyu, eh… Rasanya kok… biasa aja? Kaya nasi putih biasa, pake kecap asin, sama lauk biasa di pinggir jalan. Makan siangku, ikan goreng sama nasi putih tadi jauh… lebih enak. Nggak mungkin salah resep. Wong kokinya aja masih sama kok *sempat ngintip*. Makannya juga di tempat yang sama.

Aku jadi mikir dan rada nyesal mesen tuh sushi. Mana satu potongnya 8 ribu lagi. Kan lumayan… J. Tapi kok bisa sushi yang kalo dihitung-hitung harganya lebih mahal rasanya kebanting dibanding ikan goreng tadi siang ya? Mungkin karena beda waktu dan kondisi, ya? Aku makan ikan goreng itu di saat benar-benar kelaparan dan sekarat sampai ngerayap-ngarayap di lantai *ng… ga segitu lebaynya sih*. Perutku benar-benar perlu diisi sebelum aku tekapar mengenaskan karena kelaparan. Sedangkan nigiri sushi itu kupesan karena… sekedar lapar mata. Sebenarnya nggak butuh. Lalu buat apa makan kalo ga menikmati?

Iya ya? Bukannya rasanya lebih memuaskan dan enak jika kita menikmati sesuatu karena benar-benar merasa berusaha? Benar-benar sudah mengeluarkan keringat untuk mendapatkan sesuatu itu? Dan benar-benar mendapatkannya di waktu yang tepat. Sesuatu yang seharusnya tidak kita perlukan di saat yang tepat, biar pun lebih mahal dan berharga dari segi harga dan prestige, rasanya bakal kebanting dibanding hal sederhana di waktu yang tepat. Bingung? Iya, aku juga bingung baca ocehanku di paragraf ini kok.

Gampangnya,

Aku riang-gembira-suka-cita banget pas ulangan Matematikaku dapat tujuh. Kenapa? Karena angka tujuh yang sebenarnya masih di bawah standart nilai sekolahku tuh mesti aku dapatin setelah les sampai bosen sama guru lesku. Pergi sore-sore *dibangunin dari tidur siang sama si koko pemilik bimbel* buat les dalam keadaan setengah sadar, trus pulang malem dingin-dingin, dan aku dapat tujuh. Tapi aku biasa aja, malah cenderung tersindir pas ulangan Mandarin dibagi. Dapat delapan koma mau nyentuh angka sembilan. Kenapa? Karena aku bikin contekan pas ulangan. Biasa aja sih. Udah tau bakal dapat nilai segitu soalnya.

Dan bukannya hidup itu untuk dinikmati? Kenapa kita tidak menikmati hidup kita lewat kesempatan-kesempatan yang kita punya? Ngerjain UN dengan jujur tanpa beli kunci jawaban, nggak pakai joki pas SNMPTN, dapet duit banyak bukan dari korup atau nyuri, dapat posisi tinggi di kantor karena prestasi diri sendiri dan bukan karena sikut sana-sini… Kita punya banyak… banget kesempatan untuk menikmati hidup. Dan hasil dari keringat sendiri, jauh… lebih memuaskan. Kenapa membuang-buang kesempatan itu?

Komentar

Postingan Populer