You'll Never Forget A Good Teacher

Kalimat barusan aku baca pada sebuah video iklan di YouTube. Video tersebut mengisahkan sebuah cerita yang sebenarnya simpel sih. Seorang murid cowok yang berasal dari kelangan ekonomi bawah, terpaksa kerja sambilan biar dapat duit. Di sekolah nilainya jelek karena kecapekan kerja, trus dia ditanyai sama gurunya-seorang ibu-ibu berkacamata. Kenapa kok nilainya gitu? Anak itu bilang dia nggak tau mesti ngapain, dia capek sama semuanya. Nah, trus si ibu guru itu bantu ngajarin pelajaran yang si cowok nggak ngerti, nganggap anak itu anaknya sendiri dengan ngajak makan anak tersebut sama keluarga si ibu guru. Suatu ketika, anak itu ditangkap polisi karena ikutan jadi bandar judi. Si anak cowok itu nggak masuk ujian, dicari-cari deh si ibu guru. Tiap hari di SMS, apa kabar, apa kabar, tapi nggak dibalas. Sampai suatu ketika, si ibu guru SMS, “Apa kamu nggak punya mimpi yang lebih besar?” Ending kisah tersebut, si anak cowok itu kembali ke sekolah tempat ibu guru itu ngajar, sebagai seorang eksekutif muda, menemui si ibu guru yang telah berjasa. Dan tara… muncullah kalimat tadi.

Banyak guru yang telah mengisi hidupku. Guru waktu TK, SD, SMP, SMA, guru les, para dosen, bahkan mamaku pun seorang guru. Setiap guru punya kisah sendiri, ninggalin kenangan macam-macam yang masih kuingat sampai sekarang.

Waktu SD aku pernah dimarahi seorang guru gara-gara bandel keluar istirahat padahal tugas Matematikaku belum selesai. Waktu SMP aku pernah dituduh nyontek sama seorang guru gara-gara kelakuan seorang teman yang minta contekan ke aku, dan bikin aku nangis-nangis di ruang guru, dilihatin kakak kelas. Waktu SMA, aku pernah dibikin nangis juga sama seorang guru gara-gara dikata-katai didepan kelas. Waktu jadi mahasiswa awal, pernah diomelin seorang dosen gara-gara lupa balik nameboard milikku supaya nunjukin nama panggilanku.

Ya… keliatannya aku tipe murid nggak teladan banget dan kok malah cerita nyebelin kaya gitu yang aku ingat. Tapi selain kisah-kisah nggak mengenakkan tadi, banyak banget kenangan tentang para guru yang berjasa, menginspirasi, dan sampai sekarang masih aku ingat.

Termasuk beliau.

Teman-temanku yang sudah lebih dulu les bersama beliau memanggilnya Sir-sir. Jadi aku mengenalnya sebagai Sir-sir, dan nggak tahu nama beliau hingga aku kelas 3 SMA, padahal beliau hampir tiap hari ngajarin anak-anak asrama putri sekolahku. Setelah aku les, baru deh aku tahu nama beliau Sir Andre. Sir Andre memberi les bahasa Inggris, sekaligus menjadi pengajar di sebuah lembaga persiapan studi ke luar negri jadi ngajarin bahasa Inggris, TOEFL dan IELTS gitu.

Waktu kelas 3 SMA, baru aku kepikiran nyari beasiswa di luar negri. Waktu itu aku disaranin buat apply beasiswa di universitas di Jepang, tempat kuliah seorang sepupuku. Universitas tersebut adalah universitas internasional, yang menggunakan bahasa pengantar bahasa Inggris. Karena si sepupu bisa, aku pun dikompor-kompori keluarga dibilang bisa mendapat beasiswa tersebut. Jadilah aku ngambil les IELTS sebagai persyaratan apply beasiswa.

Nah, saat itu lah aku les sama Sir Andre. Beliau yang membantuku memberi latihan IELTS, ngajarin tips-tips ngerjain soal, serta ngasih masukan dan bantu ngeditin esai yang mesti kubuat untuk apply beasiswa tersebut. Selain les buat persiapan kuliah, Sir Andre juga membantuku mempersiapkan materi ujian akhir praktek mata pelajaran Special English, serta ngompor-ngomporin biar nggak gitu sibuknya persiapan kuliah, jadi nilai ujian bahasa Inggris-ku di sekolah juga mesti di atas 80.

Yang berkesan, tiap aku memperoleh nilai ujian di atas 80, Sir Andre akan memberiku coklat sebagai reward. Cara tersebut sukses bikin aku selalu semangat, dan nilai ujian bahasa Inggris dan Special English saat kelas 3 nggak pernah di bawah 80. Aku ngasih effort lebih karena ditawari reward, yang biar pun kalo diliat secara materi cuma berapa sih? Sir Andre berhasil bikin aku cukup menikmati belajar bahasa Inggris, dengerin percakapan bahasa Inggris, baca artikel bahasa Inggris, yang dulu bukan merupakan makanan sehar-hariku.

Lebih dari nilai, Sir Andre ngajarin aku sebuah atau lebih tepatnya beberapa pelajaran. Aku nggak suka belajar bahasa, serius deh. Tapi dengan cara sederhana seperti nawarin reward, beliau bikin aku mau ngasih effort lebih. Cara beliau aku adaptasi hingga ke kehidupanku sekarang. Aku sangat suka cokelat, jadi aku memberi reward buat diriku sendiri, sehingga aku mau nantang diriku buat dapat nilai sekian pas ujian Advanced Accounting, atau Financial, atau apa pun mata kuliah yang aku anggap sulit, atau nantang diriku buat manage uang saku dengan lebih baik.

Sir Andre juga yang buka mataku kalo bahasa asing itu penting dan worth it banget. Terbukti dengan beliau bisa dapat penghasilan dari ngelesin banyak siswa, beliau bisa traveling ke beberapa negara dengan penghasilan beliau, dan oh ya, beliau umurnya nggak beda jauh lho denganku. Dan kini, beliau sedang menempuh pendidikan S2 di Leeds, Inggris, berkat beasiswa.

Lewat sebatang cokelat, aku selalu ingat akan beliau.

Beberapa waktu lalu ketika aku akhirnya malah keterima PPA BCA, aku sempat mengirim SMS pada beliau, ngabarin kalo aku akhirnya di Jakarta, nggak jadi (atau belum jadi) ke Jepang seperti yang aku impikan dulu. Aku berterimakasih pada beliau atas semua yang beliau ajarin, dan… biarpun esai yang dulu kami buat, latihan IELTS, les-les biar pun lagi liburan itu belum ngantarin aku ke Jepang, bagiku pelajaran yang beliau berikan nggak pernah sia-sia. Nggak ada yang sia-sia.

Dan malam ketika aku nonton video iklan di YouTube yang aku ceritain di paragraf paling awal tadi, aku teringat akan beliau. Banyak guru-guru yang aku tahu. Dan beliau adalah salah satu yang mungkin nggak akan pernah aku lupakan.

Komentar

Postingan Populer