Tak Perlu Ingin Dicintai


Banyak orang-termasuk guru-guruku-suka mengatakan, “Cintailah pelajarannya, bukan gurunya,” dan mereka pun akan melanjutkan dengan mengatakan bahwa dengan mencintai sebuah pelajaran, otomatis kamu bakal dapat nilai bagus di pelajaran tersebut. Ya, menyambung dari tulisan ini, aku kembali punya bantahan baru setelah cawu 3 kemarin bertemu sosok beliau.

Mari kita panggil beliau Madame. Nggak ada alasan khusus sih, cuma nggak pengen nyebutin nama beliau secara vulgar saja, walau pun anak-anak PPA BCA pasti tahu siapa beliau. Beliau mengajar mata kuliah Marketing, mata kuliah yang sebelum aku jalani kedengaran asyik banget. Waktu pertama kali dijelasin mata kuliah apa saja yang bakal dipelajari selama jadi mahasiswa di PPA BCA pas hari pertama aku masuk kuliah, aku senyum-senyum sendiri menatap tulisan ‘MARKETING’ yang tertera di daftar mata kuliah cawu 3.

Tapi setelah libur akhir cawu 2 berakhir, setelah masa OJT selesai dan cawu 3 akan segera dimulai, mulai deh aku-dan teman-teman sekelasku-mulai dikasih tau cerita soal Madame dari kakak kelas dan teman-teman PPA 28. Beliau adalah dosen yang… wow banget lah. Hobi nanya-nanya mahasiswa pas jam kuliah, jawaban pas ditanyain juga mesti perfect kata-perkata seperti yang beliau mau, kalo salah? Ya diomelin dengan kosakata yang cukup bikin kuping panas. Waktu kuliah beliau juga mahasiswa dilarang keras nyatat. Pokoknya jangan sampai deh kedapatan megang alat tulis dan kedapatan nyatat. Peraturan yang terakhir itu yang bikin kami sebel. Ini dosen pengen pas ujian jawaban kami persis kaya yang beliau kehendaki, eh pas jam kuliah kami dilarang nyatat. Jadi kami disuruh hafal kata perkata yang beliau ucapkan gitu? Dan track record angkatan terdahulu yang dapat nilai E pas diajarin beliau juga  banyak banget.

Hal-hal itu yang bikin aku dan teman-teman deg-degan tiap malam kalo esok harinya ada kelas Marketing. Tiap malam kamis (jadwal kuliah Marketing-ku hari jumat pagi), aku selalu berdoa semoga Madame dikasih mood baik biar nggak ngomel-ngomel di kelasku, atau berdoa supaya aku punya jubah yang bisa bikin aku nggak keliatan oleh Madame seperti yang Harry Potter punya biar aku nggak dicecar pertanyaan beliau, tapi tetap… saja doaku nggak dikabulkan.

Aku dan teman-teman menjalani tiga jam yang mendebarkan tiap Jumat pagi bersama Madame. Tiga jam yang super sekali sodara-sodara. Awalnya aku dan teman-teman sudah rada pasrah dengan nasib nilai ujian yang diberi Madame sih. Mata kuliah Marketing di PPA diajar sama dua dosen. Madame dan Madami. Biasanya Madame memang bakal ngajar setengah cawu, dan sisanya kelas Marketing akan diajar Madami. Nah, Madami ni dosen favorit banget karena nilai ujian dari beliau biasanya tinggi-tinggi, jadi bakal nutup nilai ujian yang diberi Madame.

Tapi suatu hari, kami diberi kabar yang… JENG JENG JENG… karena satu dan lain hal, aku dan teman-teman sekelasku, PPA 29, bakal diajar mata kuliah Marketing full satu cawu dengan Madame, nggak ketemu Madami. Pas tahu kabar itu, kami cuma bisa… berdoa diberi ketabahan sama Tuhan. Ketua kelas kami berusaha ngomong sama PIC, minta gimana caranya biar kelas kami nggak diajar sama Madame full satu cawu. Gimana nasib nilai kami? Masa kami nggak lulus Marketing? Pasalnya, waktu nilai ujian Marketing pertama keluar (sebelum kami tahu kabar kalo Madame bakal ngajar kami full satu cawu), lebih dari setengah kelas nggak lulus. PIC kami yang juga mantan murid Madame maklum, lalu janji bakal ngelaporin hal tersebut ke Bos-nya PPA. Tapi apa daya, Madame memang mesti ngajar kelasku satu cawu, dan ya begitulah… aku dan teman-teman sekelas nggak bisa protes lagi.

Jumat demi Jumat berlalu. Lama-lama, aku dan teman-teman mulai terbiasa diomelin, sudah nggak begitu deg-degan lagi tiap Kamis malam. Masih ada sih beberapa teman sekelas yang masih suka ngeluh kalo hari Kamis, ngomong, ‘Yaah.. besok kok sudah Jumat lagi? Perasaan baru kemarin ketemu Madame’. Dan ada sebagian teman yang nilai ujian pertama dan kedua Marketing sudah nggak terselamatkan lagi, sudah hilang semangat belajar Marketing.

Terlepas dari orang lain, aku sendiri mulai menikmati kelas Madame. Dan belakangan, aku sadar kalo maksud Madame tu baik banget. Beliau pengen mahasiswanya jadi anak-anak muda yang bisa berpikir kreatif, bukannya ngafalin textbook atau contoh-contoh yang beliau berikan. Beliau memang selalu memberi soal ujian berupa  soal kasus, yang mengharusnya mahasiswanya berpikir kreatif. Beliau sangat nggak suka kalo kami menjawab ujian dengan membeberkan teori panjang lebar, langsung dicoret kata beliau. Beliau pengennya kami memberi contoh aplikasi dari teori tersebut. Kami ini anak muda, kami mesti bisa berpikir out of the box.

Madame mengajarkan kami bahwa marketing itu penting, dan ada dimana-mana. Kami mesti analisis kondisi pasar gimana, pesaing kami bagaimana, strategi yang mesti kami pakai dimana. Tukang ojek payung saja mesti menganalisis SWOT yang mereka punya sebelum menjajakan jasa ojek payung mereka. Jadi ‘orang marketing’ itu mesti kreatif! Begitu yang sering beliau ucapkan saat kuliahnya.

Selain itu, beliau juga nggak mau kami melakukan sesuatu demi materi. Demi IPK. Well, IPK itu penting, tapi yang mesti kami cari itu ilmunya. Kami mesti paham, bukan hafal. Dan beliau juga rajin sekali mengomentari kemampuan menulis mahasiswanya. Bisa nulis karya ilmiah dengan jelas itu penting, karena tulisan kan komunikasi satu arah. Makanya kami mesti bisa menjelaskan maksud kami dengan baik, salah satu caranya dengan jawab soal ujian dengan bahasa karya ilmiah dong, bukan kaya anak SMA jawab ujian PKN atau Agama dengan asas yang penting panjang, bertele-tele juga nggak apa-apa. Kami kan pengen jadi Bos suatu hari nanti, Bos mesti pintar nyampaiin ide, maksud-maksud yang ia punya dong. Nyampaiinnya juga mesti dengan cara yang bagus, nggak bertele-tele tapi jelas.

Dengan caranya sendiri, Madame berhasil bikin aku mencintai pelajaran Marketing. Nilai Marketing-ku memang nggak A, tapi aku berhasil lulus mata kuliah ini dengan rata-rata lumayan. Dan selain pelajaran akademik, insight yang aku dapat dari lima bulan belajar Marketing bersama beliau banyak banget, belum semuanya kutulis dalam tulisan ini. Tapi beliau adalah dosen yang mungkin nggak bakal aku lupakan. Dosen yang menurutku benar-benar ‘dosen’. Beliau nggak perlu jadi dosen favorit, beliau cukup banyak diomongin mahasiswanya karena ke-killer-annya. Tapi value yang beliau ajarkan, sangat dalam.

Dan… oh ya, saking luar biasanya pengalaman satu cawu full bersama beliau, aku dan teman-temanku yang sudah memasuki cawu 4, masih sangat-sangat ingat sama teori marketing dan istilah-istilah dalam mata kuliah Marketing lho… Seorang teman pernah bercanda kalo itu karma karena kami sering ngomongin Madame, sekarang Madame seolah ada dimana-mana. Pas liat brosur di Alfamart aja bisa tiba-tiba keingat beliau. 

Komentar

Zona Mey mengatakan…
Hai kak, aku tertarik banget sama tulisan-tulisan kakak tentang PPA BCA. Aku kepo banget nih, boleh minta contact personnya? Kalo kakak baca ini add line aku please @meyingp atau bales aja. Tapi aku takut gak ada notifnya entar balesan komen kakak. Please line aku aja deh yaaa. Thankyou kakak;)

Postingan Populer