The Little Thing Called Dream :D

Tadi pagi aku nerima telepon dari BCA. Aku lagi sibuk ngulet-ngulet dan masih setengah sadar karena pengaruh perut yang kekenyangan *kerjaanku pas liburan: bangun pagi-pagi, sarapan, kenyang, tidur lagi karena kekenyangan* ngangkat telepon itu dengan suara serak.



“Mbak Precillia Leonita kami pindah jadi batch 29 ya?”



Aku langsung sadar sepenuhnya.



Beberapa waktu lalu aku sudah dinyatakan lulus seleksi penerima beasiswa PPA BCA, dan ditetapkan masuk ke batch 30 dan mulai kuliah tanggal 3 September. Aku sudah leyeh-leyeh santai, belum ngeberesin barang-barangku di Malang, nunda-nunda terus ngedit naskah novel yang kutargetkan selesai sebelum aku masuk kuliah, dan intinya; belum nyiapin apa-apa buat berangkat ke Jakarta. KTP sama SKCK aja belom jadi.



“Mbak?” si Mbak-Mbak penelepon itu nyadarin aku.



“Hah? Batch 29? Kapan mulai kuliahnya?” tanyaku sambil bangun dari posisi tidur.



“Tanggal 19 Mbak udah mesti ada di Jakarta buat tanda tangan surat kepesertaan sama ngambil ID. Kuliahnya tanggal 23,”



HAH??? Bercanda si Mbak. Hari ini sudah tanggal 9 Juli. Dan yang bikin aku panik, aku sama sekali belum nyari kos-kosan buat di Jakarta ntar. Lha, mau tinggal dimana? Menggelandang? Belum lagi aku sudah terlanjur hepi dapat batch 30 karena sudah kenalan sama beberapa teman. Duuh…



Akhirnya aku nutup telepon dari si Mbak BCA dengan kepala mumet.



Lalu sambil baring-baring di tempat tidur dan natap langit-langit kamar kos, nonton sepasang cicak yang lagi merayap di plafon *halah… galau banget bahasanya*, aku jadi ketawa sendiri. Nggak, bukan ketawa gara-gara cicaknya, tapi karena aku sendiri.



Pas dibilang kalo aku masuk batch 30 yang mulai kuliahnya bulan September, yang pertama kali kupikirkan; bakal berkarat kebosanan di Malang nih! Lain kalo aku tinggal dengan keluarga sendiri di Malang, dikelilingi teman-teman, lha ini? Sudah tinggal di perantauan, teman-teman pada mencar-mencar ke kampung halaman masing-masing malah sudah ada yang mulai kuliah, gimana nggak bosan?



Dan sekarang pas batch-ku dipindah, aku malah menggalau. Sebenarnya soal tempat kos sih ada jalan, bisa minta tolong seorang om untuk bantu nyariin, atau nitip sama teman-teman yang rencanya tanggal 11 Juli mau nyari kos di Jakarta. Soal KTP sih sebenarnya hari Rabu sudah jadi, yang bikin rada deg-degan cuma nyampe ga dikirim ke Malang sebelum tanggal 16 *akhirnya aku dipesenin tiket ke Jakarta tanggal 16*. Soal teman… ya, mau gimana lagi? Toh akan ketemu sama teman-teman yang batch 30 juga setelah beberapa bulan. Trus… kok aku sedikit merasa… sedih?



Seperti adegan di sinetron-sinetron *akhir-akhir ini jadi sering ikutan Mbak kos nonton sinetron*, aku mandangin kamar kosku yang berantakan, yang aku tinggali setahun belakangan ini. Banyak hal yang aku lakuin di sini. Eh, nggak banyak-banyak juga sih sebenarnya. Garis besarnya sih: tidur-bangun-belajar-baca komik-tidur-bangun. Lalu kedengaran suara pintu kamar kos yang dibanting. Aku ingat aku suka menggerutu sama adik-adik kos yang suka lari-larian di koridor, atau banting-banting pintu, atau teriak-teriak… Tapi mungkin aku bakal rindu dengan keributan-keributan mereka?



Malang memang bukan kota yang seramai Jakarta. Tapi di sini aku ngalamin macam-macam hal. Aku ketemu teman-teman yang baik, ketemu guru-guru yang ajaib, belajar di sekolah yang ngasih aku banyak pengalaman, dan… aku sudah nganggap Malang sebagai rumahku sendiri.



Trus aku nyadar, hei! Ini kan perasaan yang sama seperti perasaanku tiga tahun lalu, waktu akan ninggalin Jayapura buat pindah ke Malang pertama kalinya. Aku takut suasana di Malang nggak sama seperti di Jayapura. Aku takut nggak akan bertemu teman-teman seperti teman-teman di Jayapura. Aku takut nggak bakal betah. Nyatanya memang suasana di Malang beda dengan di Jayapura. Dan teman-temanku di Malang pun nggak sama seperti teman-teman di Jayapura. Tapi aku betah dan nggak nyesal sama sekali pindah ke Malang.



Lalu apalagi yang aku takutkan? Kalo tiga tahun lalu aku bisa, kenapa sekarang aku nggak bisa buat pindah? Kalo setelah tiga tahun kepindahanku bikin aku lebih dekat dengan cita-citaku, aku tahu kalo kali ini pun aku akan lebih dekat lagi dengan apa yang aku impikan-biar pun sebenarnya aku nggak tahu sih cita-citaku sebenarnya apa, tapi aku tahu aku akan mendapat sesuatu yang lebih baik.



Aku tahu, dengan pindah, akan selalu ada yang aku tinggalin. Aku bakal kehilangan sesuatu. Tapi aku juga akan mendapat sesuatu yang setimpal, kan? ;)






Komentar

Postingan Populer